menu melayang

18 Maret 2016

TRUK Vs GRANDONG, GRANDONG NYUNGSEP

Pasuruan, Marka - Kecelakaan terjadi antara Truk tronton bermuatan pasir dengan kendaraan jenis Grandong Jumat 18/03 10.00 WIB, terjadi di jalan Raya desa Gerongan Kraton-Pasuruan. Grandong, atau dedet adalah sebuah kendaraan bermotor rakitan yang digerakkan oleh mesin diesel sebagai alat yang digunakan masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian dari persawahan. Kini grandong juga digunakan juga sebagai penggilingan padi keliling. Rakitan grandong merupakan hasil kreativ masyarakat desa yang sederhana dari barang bekas yang bisa jadi penggerak.



Seperti yang terjadi  pada pagi pukul 09.00 di jalur Pasuruan - Probolinggo tepatnya di desa Derongan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan.  Truk bermuatan pasir dari arah timur  dengan tonase lebih ban bagian depan kanan pecah mengerem mendadak dipotong oleh grandong yang dari arah sama langsung ditabrak dan grandong terpental masuk selokan, Sopir truk Budi (40) warga Porong Sidoarjo selamat sedangkan pengemudi grandong Khoirul Anam (45) mengalami luka pada bagian kepala mengalami memar.  Warga desa Pekangkungan kecamatan Gondang  Wetan kabupaten Pasuruan ini nampak shock dengan kejadian yang baru saja terjadi.

Menurut anggota lantas Polresta, Iptu Jayadi di lokasi menjelaskan bahwa grandong yang melintas di jalan raya itu tugas Satpol PP yang bisa menindak, tapi sampai saat ini tidak ada tindakan dari intansi tersebut. Lemahnya penindakan terhadap menjamurnya gerandong, membuat reandong kian marak di jalan-jalan umum, akhirnya menjamur. (tatak wiyono)

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel