menu melayang

18 Maret 2016

Banjir Lumpur Tosari Jebolkan Tanggul di Winongan

Pasuruan, MARKA - Hujan deras yang melanda daerah lereng pegunungan Tengger Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan menyebabkab banjir lumpur yang berimbas ke daerah-daerah lain di bawahnya. Banjir lumpur yang terjadi dini hari kemarin 14/3 pukul 16,00 di Wonokitri kecamatan Tosari telah mengakibatkan sungai Sumber Made di dusun Berintik desa Menyarik kecamatan Winongan dipenuhi lumpur. Menumpuknya material lumpur disejumlah titik ini telah mengakibatkan infrastruktur rusak dan aktifitas warga terganggu.

Selain mengganggu aktifitas warga, banjir lumpur telah menjebolkan tanggul jebol. Air bah dari pegunungan di sebelah Selatan ini telah menggerus serta menghancurkan dinding tanggul dan menghancurkan tanggul sepanjang 30 meter. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun belum diketahui jumlah korban materi dari warga yang terdampak.

Menanggulangi musibah banjir lumpur ini masyarakat dan aparat dari Muspika setempat melakukan kegiatan membersihkan lumpur serta material lainnya yang terseret air bah. Dari Dinas Pengairan dan pertambangan kabupaten Pasuruan  juga hadir untuk melihat dan mendata kerusakan yang ditimbulkan dari banjir lumpur tersebut, Sanusi salah satu staf dinas Pengairan  mengungkapkan bahwa banjir kali ini cukup parah dan telah merusak infrastruktur terutama tanggul-tanggul yang berada di kali Made.  Kerusakan diperkirakan sepanjang 30 meter sehingga luapan lumpur masuk keperkampungan masarakat sekitar,"terang Sanusi. (DUL)

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel