menu melayang

8 Juni 2016

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Preman Di Surabaya Utara

Surabaya, Tribunus-Antara.com - Belasan peserta dari masyarakat binaan Kodim 0830/Surabaya Utara yang berlatar belakang berbeda-beda digembleng bela negara. Peserta diantaranya juga para preman, yang dibekali  materi pelatihan wawasan kebangsaan dan pembekalan ketrampilan bertempat di Dodik Belanegara Rindam V Brawijaya, Malang. Beberapa waktu lalu.


Menurut Komandan Kodim 0830/Surabaya Utara Letkol Arm Beny Hendra Suwardi, S.Sos mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan menerapkan rasa nasionalisme dan karakter sesorang dalam menjaga kesatuan NKRI hidup mati.

“Melihat dari latar belakang peserta mulai preman, pengamen jalanan, tukang parkir semuanya akan diberi pembekalan bela negara, khususnya Rindam V Brawijaya, Malang,” tegas Dandim.

Pembekalan materi yang diberikan kepada peserta meliputi materi bela negara dan cinta nasionalisme, Peraturan Baris Berbaris (PBB), beladiri dan bongkar pasang senjata dengan mata terbuka dan tertutup.

Kegiatan ini mengusung tema ‘Melalui pembekalan wawasan kebangsaan dan latihan keterampilan kita bangun generasi muda yang disiplin, semangat, kreatif, inovatif dan bermartabat serta bermanfaat untuk masyarakat bangsa dan negara’.

Dia berharap, terselenggaranya program ini diharapkan mereka mampu meningkatkan wawasan kebangsaan melalui pembekalan secara teori dan praktik di daerah masing-masing. Selain itu, akan terbentuk mental yang baik, memiliki rasa cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara serta memiliki kemampuan awal Belanegara.

“Agar di dalam diri mereka tertanamkan rasa cinta tanah air, dan meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara yang setia kepada Ideologi Pancasila,” paparnya.

Disamping itu, bersedia rela berkorban untuk bangsa dan negara dan meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran belanegara. Tak hanya itu saja, mereka harus siap menghadapi berbagai ancaman, tantangan baik dalam negeri maupun luar negeri (tim)

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel

Arsip Blog